<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10276838525079785\x26blogName\x3dDaily+Benablog\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://dailybenablog.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://dailybenablog.blogspot.com/\x26vt\x3d-8916391990357418768', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

The Daily Diary of Bena Kribo. The Owner of www.benablog.com

^Best Viewed With Mozilla Firefox^
hit counter



Si Kribo,

Nama Benazio. Umur 20. Bena suka merah. Bena suka yg merah2. Bena merah. Bena benar2 merah. Bena suka merah sapi.

Follow This Blog! 133 Followers

POPULAR POSTS,




POSTS POSTS,

November 2008
December 2008
January 2009
February 2009
March 2009
April 2009
May 2009
June 2009
July 2009
August 2009
September 2009
Oktober 2009
November 2009
Desember 2009
Januari 2010
Februari 2010
Maret 2010
April 2010
Mei 2010
Juni 2010
Juli 2010
Agustus 2010
September 2010



Freaking Projects,








Contact me,

MSN : bena.zio.rizki@hot
Yahoooooo hooo : benazio_flash
Facebook : Benazio
My Space : Benazio
My Space (artist) :
Musical Algorithm





Sponsor,

Gabung di tempat ngumpulnya semua blogger se-Indonesia! Rumahblogger!
Pesta Blogger 2008
Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com

Tuesday, May 18, 2010

sepertinya gue baru menyadari kalau gue punya satu kelebihan yang bisa gue andalin dalam nulis-nulis. apakah itu?

Ngetik cepet.

Bukannya ngesok, tapi bagi gue ini ternyata berguna banget apalagi buat nulis draft suatu tulisan.

kenapa ben kok bisa?

karena banyak orang yang bilang, "gue tuh kalo punya cerita, susah buat dituangin ke dalem tulisan", atau juga ide sebuah cerita itu cepet ilang gitu aja.

Nah darisitu gue mikir, dengan gue ngetik cepet, gue bisa sedikit lebih mudah buat nuangin cerita gue ke dalem sebuah tulisan, ga harus langsung tulisan yang bagus, tapi ya tulisan mentah dulu alias draft yang nantinya bakalan di edit lagi beberapa kali biar mantep.

seperti yang gue pelajari dari beberapa penulis, salah duanya adalah raditya dika dan ollie, yang bisa gue rangkum dari tips mereka dalam membuat sebuah tulisan adalah..

- tulis draft aja dulu ga harus detail2 banget, nanti bakalan di edit lagi juga.

- kalo lagi hectic banget, tinggalin tuh naskah dan balik lagi tulis tu naskah/tulisan beberapa hari kemudian biar pikiran udah lebih seger dan mungkin aja dapet inspirasi lebih lagi.

- bikin nulis itu jadi sebuah rutinitas, misalnya ada niat dalam diri lo kalo lo mau nulis dalam 1 hari itu 1 jam. nah ya dalem 1 hari itu lo bisa nulis 1 jam aja itu udah lumayan banget, karena biasanya buat MEMULAI nulis aja itu susahnya minta ampun.

atau misalnya lo memilih dengan satuan lain, yaitu dengan jumlah halaman. Lo udah niat dalam 1 hari itu lo nulis 5 halaman, nah yaudah, dengan rutinitas kayak gitu lo bakalan bisa cepet selesein tulisan lo.

- baca lagi tulisan draft, edit edit edit.

- baca lagi yang udah di edit, edit edit edit lagi.
- ilangin kata-kata yang ga penting, kayak kata-kata yang bertele-tele, misalnya kayak

"tadi gue ke j.co, terus gue beli 3 donat dan 1 minuman seharga 30ribu lalu gue mencari tempat duduk dan disana gue berdiri terdiam ngeliat seorang cewek yang cantik lagi duduk sendirian."

nah kata-kata itu bisa dibikin hemat jadi misalnya,

"pas gue ke j.co dan mencari tempat duduk, tiba-tiba gue terdiam karena melihat seorang cewek cantik yang duduk sendirian."

yaa kira-kira kayak gitu lah, i'm not an expert nor intermediate. i'm just a beginner. :)

TAPI TETEP, YANG PALING PENTING DARI SEMUA ITU MENURUT GUE ADALAH.

Mulailah menulis dulu. draft aja it's okay. karena untuk memulai suatu hal itu (terutama nulis), itu biasanya malesnya minta ampun, apalagi banyak godaannya kayak internet, twitteran, dan lain-lain.

well, dengan cepetnya ngetik gue, gue bisa manfaatin buat tuangin semua yang ada di otak gue yang langsung gue ceritain dan juga langsung gue tulis di layar komputer gue. semoga berhasil.

oiya satu lagi, tulisan ini gue tulis 5 menit. in draft mode. lumayan lancar lah ya yang penting gue menghasilkan sebuah tulisan apapun itu :)


write you later! :)

Labels: ,


5 Comments:

Anonymous ayu said...

iya kak. tipsnya bener, apalagi kalo orangnya lupaan kak. langsung nulis eh lupa. jadi stuck. kan kalo ada draftnya, bisa diedit-edit dari pokok tulisan yang ada di draft itu kan ya kak?
At May 18, 2010 at 10:51 PM

 
Blogger gitadine said...

haha ben, gita ngerasa *plaaaak!* tertampar karena udah berbulan-bulan memelihara rasa males nulis. oke deh, thanks tips2nya ya kribooo :)
At May 19, 2010 at 12:22 AM

 
Blogger Fahrani Nisrina said...

kelebihannya kakak itu ada di tangan sm jari2 kakak , huehehhe
At May 19, 2010 at 7:51 PM

 
Blogger Benazio R.P said...

haha makasi udah baca hehe..

===================

betul banget dari draft bisa diedit lagi nantinya yang penting udah ada tulisan2 itu!

===================

ayooo ayo nulis lagii!!

====================

sama rambut juga :D
At May 19, 2010 at 9:37 PM

 
Blogger ajenk said...

bener-bener..PR penting tuh ya...jadiin menulis sebagai rutinitas harian *perlu dicobaaa* hahaha....
At May 20, 2010 at 7:43 AM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home


copyright © 2008 by Benazio R.P